May 12, 2011

Satu lagi Rasa

teruntuk 'nona', eskrim, lima, jugul, oranye.


se.nang
[a] (1) puas dan lega, tanpa rasa susah dan kecewa, dsb: ia menyelesaikan pekerjaan itu dng --; hatiku -- kini setelah semua tugas terselesaikan; (2) betah: saya selalu -- tinggal di daerah yg dingin; (3) berbahagia (tidak ada sesuatu yg menyusahkan, tidak kurang suatu apa dl hidupnya): ia cukup -- dng kehidupannya sekarang; (4) suka; gembira: dng -- ia menyambut kelahiran bayinya; (5) sayang: orang tuanya -- kpd calon menantunya; (6) dl keadaan baik (tt kesehatan, kenyamanan, dsb): sudah beberapa hari ini saya merasakan tidak --; kami selalu dl keadaan --; (7) mudah; serba mudah; praktis: -- memakai kompor ini


dibuka dengan definisi dari Kamus Besar Bahasa Indonesia. Senin ini ucap seorang dosen, definisi sebuah kata itu penting. Agar ada satu persepsi yang sama, ukuran yang sama. Belajar mendefinisikan juga ternyata tidak mudah setelah dicoba. Bahkan untuk tingkatan S3. Ah menyinggung strata pendidikan membuat muak. Penting untuk gengsi semata,cih. Ingin memberi definisi karena ada waktu, tenaga, emosi, pikiran, tubuh yang terkait.
Berarti saat diberi definisi. Berharga saat ditambahi nilai. Bermakna saat dibumbui makna.
Poin genap 2, 4, 6 yang sedang dirasa dan dialami. Gembira, dalam keadaan sedang baik dan betah. Stabil. Ya, sedang stabil. Bahagia? hm, belum siap pakai kata itu. Rasanya terlalu wah. Dan entah memang ada atau tidak keberadaanya.


Terpikir kata senang karena ucap seseorang lebih baik ditunjukkan. karena yang dilakukan adalah disembunyikan. takut terlihat orang. Ya, takut. entah dengan dasar apa takut untuk orang lain tahu bahwa diri senang. Kata-kata bisa menyembunyikan tapi tubuh tidak. Senyum terkulum, malu terkembang, mata berbinar. ah sudah lama tidak seperti ini. Gairah. Baru selalu segar.
You will recognize the definitions from the differences.

No comments:

Post a Comment